Selasa, 10 Mei 2011

Sejarah Jalan rel Dunia 2

Era Lokomotif Uap
Pada tahun 1769, James Watt mencatatkan paten untuk mesin uap hasil rancangannya. Mesin uap yang dibuat james Watt digunakan utuk menggerakkan pompa pada tambang batu bara. Mesin ini sifatnya stasioner.
Pada saat ini masih menjadi pertanyaan para ahli teknik, apakah mesin uap bisa untuk menggerakkan kendaraan.

        Mesin uap James Watt
Pada akhir 1801 Richard trevitick berhasil mendemonstrasikan lokomotif uap pertama didunia yang dibuatnya di Wales. Lokomotif uap ini menggunakan satu silinder vertikal, 8 kaki roda gilas dan piston yang panjang.

 Richard trevitick

Kereta uap pertama

Era Stockton-Darlington
Pada tahun 1820 terjadi perubahan dalam sejarah jalan rel, Edward Pease membutuhkan transportasi untuk mengangkut batu bara dari darlington ke Stockton. maka Edward Pease menunjuk Geoge Stephenson untuk kemungkinan pembangunan Jalan rel. setelah melalui beberapa survey, pada tanggal 27 September 1825 diresmikan jalan rel yang menghubungkan Stockton dengan Darlington yang akhirnya dikenal sebagai jalan rel pertama didunia.
Jalur darlington ke Stockton

Era liverpool-manchester
Pada tanggal 15 September 1830 jalan rel yang digunakan secara penuh untuk angkutan barang dan penumpang diresmikan dengan dibukanya jalur Liverpool-Manchester sepanjang 30mil. Prinsip-prinsip jalan rel diterapkan dengan baik pada pembuatan jalur tersebut. jalur dibuat ganda dengan tanjakandibatasi 1:1000 dan an hanya dekat liverpool terpaksa dibuat 1:100, selain itu jga dibuat viaduk dan jembatan untuk menghindari perlintsan dan jalan raya.
 Jalur Liverpoll manchester

Karena dalam perkembangannya disadari bahwa angkutan penumpang lebih menguntungkan dibandingkan dengan angkutan barang, maka hal ini mendorong untuk lebih meningkatkan pelayanan terhadap angkutan penumpang dibandingkan dengan angkutan barang. konsep jalan rel yang mengangkut penumpang dan barang serta menempatkan semua operasi dalam satu managemen diterapkan dalam jalur liverpool-manchester ini,

 
 Kereta jalur Liverpool-Manchester

 Viaduk era Liverpool-Manchester

Sehingga untuk penerapan teknologi, era jalan rel jalur STOCKTON-DARLINGTON adalah yang pertama didunia, tapi sebagai perusahaan jalan rel pertama didunia yang menerapkan teknologi jalan rel dengan baik dan lengkap dalam satu sistim management terdapat pada jalur Liverpool-manchester. (Suber: Teknologi jalan rel, darmawan 2001) (baca: Sejarah jalanrel indonesia) ato Home

Tidak ada komentar:

Posting Komentar